BREBES (pelitaindo.news) – Satuan Koordinasi Cabang Barisan Serba Guna Kabupaten Brebes menggelar Pendidikan Latihan Khusus (Diklatsus) Barisan Serba Guna (Banser) di SMK NU 03 Larangan Brebes, Jum’at (20/1/2023).

Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Brebes, Drs. Wahidin menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yang mengikuti Diklatsus.

“Saya merasa bangga dan berbahagia karena nantinya anda semua akan menjadi ujung tombak garda Nahdlatul Ulama khususnya di kabupaten Brebes dan bahkan Indonesia yang akan membantu kegiatan-kegiatan pemerintah yang terkait dengan badan penanggulangan bencana alam dan tindak medis,” ujarnya.

Dirinya juga teringat dahulu pernah menjadi bagian dari Ansor Banser Kabupaten Brebes, Ini menjadi bekal untuk bisa diterapkan di masyarakat ketika terjadi bencana alam.

Kepada para peserta, Drs. Wahidin berpesan agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian-rangkaian kegiatan yang telah dicanangkan, serta serap ilmunya yang telah diberikan oleh para instruktur.

Wahidin menyebut bahwa penamaan “Ansor” berasal dari kata Nahnu Ansorullah yang berarti penolongnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala maka dari itu seluruh peserta harus siap tanggap nantinya jika dibutuhkan dan terus ditanamkan jiwa-jiwa penolong dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Brebes, Ahmad Munsip, M.Pd. mengatakan, Kegiatan Diklatsus ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi sahabat-sahabat Ansor Banser yang nantinya siap diterjunkan untuk membantu ketika terjadi bencana alam.

“Maka dua unit baik Bagana dan Basada harus berkolaborasi dengan baik dan militan untuk membantu dalam penanganan bencana alam dimanapun berada,” tegasnya.

“Total jumlah peserta yang mengikuti Diklatsus Bagana dan Basada Tahun 2023 berjumlah 166 peserta yang diwakili dari 17 Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Barisan Serba Guna (Banser) se-kabupaten Brebes dan 11 Peserta dari Provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten,” papar Ahmad Munsip. *(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus, LTN PCNU Brebes)

The post Satkorcab Banser Kabupaten Brebes Gelar Diklatsus Banser Tanggap Bencana Alam first appeared on pelitaindonews.

Artikulli paraprakWagub dan Kakanwil Kemenag Jateng Hadiri Pelantikan DPW FKDT Jawa Tengah
Artikulli tjetërPorseni NU Tingkat Nasional Resmi Ditutup, Tuan Rumah Jateng Raih Peringkat ke-3

Tinggalkan komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.