Beranda Ragam Soal Harun, Yasonna Tak Ambil Pusing Ombudsman Tolak Gabung

Soal Harun, Yasonna Tak Ambil Pusing Ombudsman Tolak Gabung

20
0

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly tak ambil pusing dengan sikap Ombudsman yang menolak bergabung dengan tim investigasi terkait kesimpangsiuran informasi keberadaan tersangka dugaan suap PAW Anggota DPR 2019-2024, Harun Masiku.

Bagi Yasonna tak masalah Ombusdman tak menjadi bagian tim investigasi ini. Yasonna menuturkan masih ada kementerian/lembaga lain yang dapat bekerja melakukan penyelidikan.

“Silakan saja kalau dia enggak mau ikut, silakan. Tapi kan sudah ada Bareskrim, Kemenkominfo, BSSN,” ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/2).

Tim gabungan dibentuk Yasonna untuk mengusut delay data keberadaan Harun yang juga politikus PDIP itu di Bandara Internasional Soekarno Hatta awal Januari lalu.

Tim itu terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri, serta Ombudsman.

Yasonna menegaskan penolakan Ombudsman itu tak berpengaruh pada kerja tim independen. Menurutnya, tim itu sudah mulai mengusut.

“Enggak (pengaruh). Sudah mulai kerja mereka,” katanya.

Lihat juga: Yasonna: Kalau Imigrasi Enggak Salah, Saya yang Mundur

Ombudsman menolak bergabung dalam tim investigasi yang digagas oleh Yasonna dengan alasan bahwa salah satu tugas mereka adalah mengawasi lembaga pemerintahan, termasuk Kemenkumham. Oleh karena itu, Ombudsman tidak bisa berada dalam satu tim dengan Kemenkumham.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200205195201-12-472029/soal-harun-yasonna-tak-ambil-pusing-ombudsman-tolak-gabung